Minggu, 04 Januari 2009

Tips: Mengadakan Acara Musik

Langkah-langkah awal untuk mengadakan sebuah pertunjukan musik:

1.Tentukan tema acara
Cari tema yang tidak membosankan “ kalau bisa merupakan ide baru, atau paling tidak merupakan ide lama yang dikemas secara lebih baik.

2.Cari sumber daya manusia yang qualified
Mengumpulkan teman yang mau berpartisipasi mengadakan sebuah pertunjukan tidaklah sulit--- yang sulit adalah membuat mereka bekerja dengan efektif. Efektif disini artinya kontribusi mereka optimal, sesuai dengan job description dari masing-masing personal, tidak tumpang tindih dan tidak sekedar menjadi penggembira. cth tim yang mengoperasikan sound sistem, pencahayaan dan alat musik. Setelah tim terbentuk, buat time schedule. Lalu tentukan tugas masing-masing personal. Pembagian tugas harus jelas. Produksi, promosi, marketing, sampai penyelenggaraan acara, dan after party show bila ada. Semua harus berjalan baik sesuai dengan time schedule yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

3. Survei venue, sound system, dan talent
Sebuah acara akan berhasil apabila didukung oleh tepat penyelenggaraan dan performer (band) yang tepat. Tidak harus selalu tempat yang mentereng, tidak harus selalu band yang mahal. Cukup yang sesuai dengan tema acara. Sound system / sound sistem juga adalah hal yang perlu diperhitungkan, karena sejago apa pun suatu band jika tidak didukung sound system yang baik akan terdengar berantakan. Satu catatan lagi adalah jangan terlalu banyak band yang tampil, apalagi dengan jenis musik yang mirip-mirip. Bayangkan lo dengerin satu kaset diulang-ulang sampe 10 kali.

4. Media relations
Jangan mimpi bakal mendapatkan banyak sponsor kalau media yang mendukung acara cuma sedikit, apalagi kalo ga ada. Sekarang udah banyak TV swasta, radio swasta, majalah, bahkan webzine yang mau mendukung sebuah acara yang dikemas dengan baik. Tugas seorang promoter yang baik adalah merepresent acara ke media-media ini untuk dipublikasikan seluas mungkin. cth magazine, jasa sewa sound sistem dan lingkungan sekitar.

5. Buat proposal
Setelah sepakat dengan pihak venue, talent, sewa alat musik dan mendapatkan dukungan media, buat proposal yang mencantumkan ketiganya. Hal yang paling penting adalah, cari sesuatu yang bisa membuat sponsor lebih tertarik untuk berpartisipasi. Misalnya penempatan logo atau jingle iklan di screen projector, atau yang lainnya(pencahayaan). Semakin banyak kelebihan yang ditawarkan semakin baik, asal jangan sampai mengganggu estetika pertunjukan.

sumber ; http://www.fupei.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar